Cara pindah hosting, dari hosting lama ke hosting baru

Cara pindah hosting dari hosting lama ke hosting baru, bagi pemula biasanya akan mengalami kegagalan atau tidak langsung berhasil, seperti saya alamisendiri.
Belum lama ini saya mengalami masalah dengan salah satu blog saya, sehingga terpaksa saya pindahkan ke hosting yang baru. 2 kali saya lakukan pemindahan hosting namun belum berhasil juga. akhirnya yang ke tiga kali berhasil.
Nah untuk anda yang sedang mencari referensi cara pindah hosting dari hosting lama ke hosting baru, berikut saya uraikan tahap demi tahapnya, ini berdasarkan pengalaman pribadi saya lho:

  • Backup dulu folder wp-content yang ada di C Panel tempat hosting lama Anda, masuk C panel lalu ke file manager dan cari folder wp-content, kemudian di compres dulu, lalu di download. simpan baik-baik folder wp content.zip tersebut.


  • Backup database di hosting lama Anda, masuk ke C Panel tampat hosting lama Anda kemudian cari PHP My Admin, lalu klik dan pilih databasenya, centang semua database tersebut lalu pilih menu Export, biarkan nama filenya sesuai yang diberikan, lalu simpan baik-baik.







  • Ganti  DNS (Domain Name Server) nya ke tempat hosting yang baru, misalnya sebelumnya Anda hosting di rumah web mau pindah ke xxx web, maka DNS namenya harus anda arahkan terlebih dahulu ke atau punyanya xxx web. untuk merubah DNS ini Anda harus masuk ke akun Anda ketika Anda register domain name. misalnya di rumah web, anda harus masuk dulu ke situ, lalu cari domain mana yang mau Anda pindahkan tempat hostingnya.
  •  Masuk ke hosting baru Anda seperti biasa masuk CPanel kemudian instal wordpress Anda. saya Anggap sudah faham untuk urusan instal wordpres ini. untuk instal wordpres ini lakukan secara otomatis memakai fantastico atau Quick installer, sehingga Anda tidak perlu membuat database secara manual, semuanya berjalan otomatis. setelah selesai. kemudian masuk atau ke Cpanel lagi cari File manager.
  • Masuk ke File manager lalu Hapus folder wp content yang baru Anda instal worpres tersebut.

  • Uploud folder wp content dari tempat hosting yang lama yang masih dalam bentuk file zip yang telah kita lakukan pada tahap sebelumnya, setelah ter uploud kemudian di extrak. di tempat semula, dimana wp content sebelumnya berada.
  • Selanjutnay kembali ke C Panel lagi lalu ke Php My Admin, cari database yang baru terinstal wordpres tersebut, kemudian cekclist semuanya lalu pilih drop dan tekan yes.


  •  Setelah itu pilih menu import dan masukkan file sql yang sebelumnya telah Anda eksport dari tempat hosting sebelumnya. sampai disni semua tahpan telah selesai. tunggu dan biarkan selama 3 jam.  seharusnya sudah berjalan normal.
Demikian  pengalaman saya dalam Cara pindah hosting, dari hosting lama ke hosting baru, mudahan dapat bermanfaat dan membantu Anda, yang sedang mengalami hal yang sama dengan saya. apabila ada pertanyaan atau menambahkan silahkan berikan komentar Anda di komentar.

Terima Kasih




1 comment:

  1. downnya berapa lama mas? sama kalau pindah domain dan hosting itu downnya lama ga mas? takut bermasalah ntar google kabur

    ReplyDelete